Tim PkM Sastra Inggris Gelar Kegiatan Peningkatan Muhadharah Bahasa Inggris di SMA Al-Ghozali

Bagikan

Pada Selasa, 14 hingga 16 November 2023, Prodi Sastra Inggris dari Universitas Pamulang (UNPAM) meluncurkan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berkolaborasi dengan SMA Islam Pondok Modern Al-Ghozali di Curug, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini, bertajuk “Muhadharah Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Teknik Ekstemporan pada Siswi SMA Islam Pondok Pesantren Al-Ghozali,” diadakan secara offline dan melibatkan 5 mahasiswa serta 35 siswi dari SMA tersebut, di bawah bimbingan dosen M. Akbar Kurtubi Amraj, S.Pd.I., M.Pd., dan Pak Mursyid Anwar, S.Pd.I, M.Pd.

M. Akbar Kurtubi Amraj,S.Pd.I.,M.Pd., salah satu dosen pembimbing, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mendedikasikan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pelatihan khusus kepada siswi SMA Islam Pondok Modern Al-Ghozali, khususnya kelas XII, guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam muhadharah bahasa Inggris menggunakan teknik ekstemporan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan mereka dalam berpidato.

Pengabdian kepada masyarakat di SMA Islam Pondok Modern Al-Ghozali dilakukan secara berkelanjutan oleh dosen dan mahasiswa Sastra Inggris UNPAM setiap semester, baik dalam bentuk tatap muka maupun daring. Proses pembelajaran diarahkan dengan memberikan materi ajar secara langsung, di mana mahasiswa memberikan contoh pidato dan berperan sebagai pemberi materi, sementara dosen berperan sebagai pendamping.

Akbar menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan metode pembelajaran yang dapat memperkaya ragam metode pengajaran Bahasa Inggris, khususnya teknik ekstemporan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kegiatan eskul Muhadharah, menciptakan pidato yang menarik dan menyenangkan.

Kegiatan PKM ini mendapat respon positif dari pihak sekolah dan antusiasme yang tinggi dari siswi SMA Islam Pondok Modern Al-Ghozali. Harapan dari UNPAM adalah agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan muhadharah Bahasa Inggris menggunakan teknik ekstemporan. Semoga kegiatan ini dapat terus memberikan manfaat bagi para siswa dalam upaya pengembangan keterampilan berpidato mereka ke depannya.

Artikel terkait
Terkini
Follow us