Raja Norwegia Harald Pulang ke Negara Setelah Jalani Perawatan di Malaysia

Bagikan

Raja Norwegia, Harald V, telah keluar dari sebuah rumah sakit di Malaysia pada hari Minggu, 3 Maret 2024, dan langsung terbang pulang ke negaranya menggunakan pesawat evakuasi medis. Raja Harald, yang berusia 87 tahun, menjalani perawatan kesehatan di Malaysia karena mengalami infeksi dan menerima alat pacu jantung sementara.

Raja Harald tiba di Pulau Langkawi untuk berlibur, tetapi harus dilarikan ke rumah sakit setelah kondisinya memburuk. Pesawat evakuasi medis yang digunakan untuk mengangkut pasien-pasien meninggalkan Bandara Langkawi pada pukul 13.05 siang waktu Malaysia.

Selama perawatan di Malaysia, Raja Harald didampingi oleh Ratu Sonja. Keluarga Kerajaan Norwegia mengumumkan bahwa Raja Harald akan izin sakit selama dua pekan setelah tiba di Norwegia. Putra Mahkota akan mengambil alih tugas Raja jika ada keperluan mendesak dan menggantikan tugas-tugas konstitusional Raja.

Sebelum kepulangannya, Pemerintah Norwegia meminta bantuan militer untuk membantu dalam proses evakuasi. Putra Mahkota Kerajaan Norwegia telah menggantikan tugas Raja dalam beberapa kesempatan sebelumnya.

Raja Harald telah memimpin Kerajaan Norwegia sejak tahun 1991, menjadikannya salah satu monarki tertua yang masih berjalan di dunia. Beliau sebelumnya pernah menjalani perawatan medis karena beberapa infeksi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk menjalani operasi jantung.

Sumber: Reuters

Artikel terkait
Terkini
Follow us