Kepala WHO Serukan Gencatan Senjata dan Solusi Permanen atas Konflik Israel-Palestina

Bagikan

Jenewa – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, dengan penuh emosi menyerukan gencatan senjata dan solusi permanen terhadap konflik Israel-Palestina dalam pertemuan Dewan Eksekutif WHO hari Kamis ini. Dalam pernyataannya, Tedros menggambarkan kondisi di Gaza sebagai neraka dan mengingatkan bahwa pengalaman perang pribadinya menunjukkan bahwa perang tidak membawa solusi yang berkelanjutan.

“Saya sangat percaya karena berdasarkan pengalaman, perang tidak membawa solusi, kecuali lebih banyak perang, lebih banyak kebencian, lebih banyak penderitaan, lebih banyak kehancuran. Jadi mari kita pilih perdamaian dan selesaikan masalah ini secara politis,” ujar Tedros.

Direktur Jenderal WHO juga menyoroti urgensi krisis kesehatan di Gaza, memperingatkan bahwa lebih banyak orang akan meninggal karena kelaparan dan penyakit jika situasi tidak segera ditangani.

Israel melancarkan kampanye militernya sebagai respons terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 200 orang kembali ke Gaza. Dalam tanggapannya, Duta Besar Israel menyatakan bahwa komentar Tedros mencerminkan kegagalan kepemimpinan WHO dan menuduh badan kesehatan global tersebut melakukan kolusi dengan Hamas.

Tedros juga menegaskan bahwa solusi dua negara adalah harapan banyak pihak dan mengajak untuk mengakhiri konflik tersebut demi kesejahteraan kedua belah pihak.

Artikel terkait
Terkini
Follow us